Tuesday, April 26, 2011

Analisis Perubahan Lagu The Radio


 Redmusic Indonesia

Analisis Perubahan Lagu Radio-The Radio dari Indie ke Mayor Label "Redmusic Indonesia". Ada beberapa perubahan dari segi syair, bentuk dan aransemen musik.

  • Perubahan Syair pada Reff Lagu Radio
          Versi terbaru yang sekarang sedang disosialisasikan melalui radio dan televisi mengkombinasikan antara bahasa Inggris dan Indonesia. Perubahan ini adalah kebijakan dari beliau Adi Wijaya selaku executive produser Redmusic Indonesia, dimaksudkan agar lebih mudah dicerna dibanding versi yang lama dimana reff lagu keseluruhan berbahasa inggris. Sangat masuk akal, mulai dari reff kedua sampai akhir lagu yang dinyanyikan hanyalah pengulangan reff, dan semuanya berbahasa inggris. bayangkan bila kita mendengarkan lagu radio tidak dari awal lagu (dari tengah lagu), maka yang ada adalah kesan bahwa lagu radio adalah lagu manca bukan lagu indonesia, sedangkan mayoritas pendengar lebih mudah menerima lagu berbahasa Indonesia.
download syair terbaru lagu Radio-The Radio gratis disini
  • Perubahan Bentuk Lagu 
           Versi lama diawali sebuah potongan lagu The Radio sendiri yaitu: "Berharap Kau Kembali" di versi ini lagu "Berharap Kau Kembali" menjadi lagu kenangan dalam isi cerita lagu The Radio, seperti diketahui bahwa lagu radio mengisahkan seseorang yang tidak sengaja mendengar lagu kenangan masa lalunya dari radio (baca selengkapnya). Di versi yang baru awal lagu tersebut diganti dengan reff lagu radio "I Just feel The Radio can stop the rain...o...etc. 
Satu lagi perubahan pada bentuk lagu pada bagian "musik perantara" dari reff menuju song ke-2, versi lama lebih panjang yaitu 4 birama sedang versi terbaru dipadatkan menjadi 2 birama.
  • Perubahan dari Sisi Aransemen
          Aransemen lagu radio produksi baru tidak jauh berbeda, hanya saja  jikalau bentuk lagu berubah secara otomatis aransemen juga berubah. Namun perubahan yang signifikan dari sisi aransemen adalah isian piano, backing vokal dan bagian interlude. Pada bagian interlude versi lama, lead gitar dibacking dengan tert dan kuint oleh gitar 2 dalam ritmis yang sama, sehingga terkesan tebal, sedang di versi baru lebih simple dan manis yaitu dengan single lead gitar, tapi dibacking gitar 2 menjelang vokal masuk. Pada backing vokal terjadi penambahan yang unik dan asyik.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentar bebas. Terimakasih....